Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Update Blog-mu



Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika sobat blogger sudah kehabisan topik untuk meng-update blog, semoga bisa bermanfaat. Ngeblog atau blogging menurut saya adalah komitmen, jika saya memutuskan untuk mempunyai sebuah blog maka saya bertanggung jawab untuk memeliharanya, caranya tentu saja dengan selalu meng-update. Namun aktifitas update ini memerlukan asupan ide dan waktu luang. Jika anda tidak punya ide – maka tidak ada update.
Ide bisa berasal dari mana saja, mudah ditemukan namun ternyata ide mempunyai hubungan erat dengan ‘mood’. Karenanya sering sekali kita kehabisan ide jika ‘mood’ sedang ‘down’. Namun jika ‘mood’ sedang bagus, ide apapun bisa disulap menjadi sebuah posting. Tip-tips berikut ini yang bisa diterapkan jika sobat blogger kehabisan ide (tidak selalu sedang ‘bad mood’) dan menaklukkan kondisi ‘bad mood’.
  1. Komentar, fitur ini sangat menunjang aktifitas meng-update, maka jika anda mempunyai blog jangan sungkan-sungkan membuka format komentar dan beri kemudahan pengunjung untuk berkomentar (hilangkan chaptcha image, spam test). Jika kamu kehabisan topik untuk update, coba aja telusuri komentar-komentar yang masuk diblog, kemudian baca untuk dijadikan ide tulisan.
  2. Dengan email, jangan sungkan menaruh email diblog pribadi dengan judul ‘hubungi saya’, ‘contact me’ atau ‘email saya’.Email sangat membantu dalam mengupdate blog, dimana cukup banyak pengunjung blog yang menanyakan sejumlah hal lewat email, kemudian kita harus menjawabnya dengan posting dan meminta si-pengomentar untuk membacanya.
  3. Kunjungi blog teman, tiap hari usahakan selalu mengunjungi blogger lain, baik dia sering berkunjung dan berkomentar diblog kamu atau tidak, kunjungi dan baca posting mereka, dan ini dapat memberikan ide untuk menulis.
  4. Browsing, tentu ini cara yang pasti banyak dipraktekan karena sangat membantu.
  5. Arsip, cek posting-posting sebelumnya yang menurut sobat blogger paling banyak diminati, kemudian buat lanjutannya.
Good luck buddy..!!

11 komentar untuk "Cara Cepat Update Blog-mu"

  1. Laksanakan sob and makasih atas tips ini

    BalasHapus
  2. Your words were so straight and on target. But why you still use chaptcha?

    BalasHapus
  3. makasih ya.. atas infonya?

    kapan2 kunjungi blog aku yach....
    www.dedearism.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas ide praktisnya,salam

    BalasHapus
  5. Salam blogger, terima kasih atas sarannya

    BalasHapus
  6. Salam kenal persahabatan, terima kasih telah berbagi motivasi untuk update blog.

    BalasHapus
  7. whaaw mantab juga nih gan sharingnya.. saya praktekin ah setelah ini..

    kapan-kapan kunjung balik ya gan ke blog saya..

    salam sesama blogger, saling bersilaturahmi

    BalasHapus