Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan U Comment I Follow, Masihkah Ada ?




Dulu sekitar 2 tahun yang lalu, saat saya masih menjadi pelanggan tetap sebuah warnet, slogan “U Comment I Follow” seringkali saya lihat terpampang di beberapa situs dan blog. Kala itu masih belum paham maksudnya apa jadi di cuekin aja. Berhubung saat itu masih belum memiliki blog dan keperluannya ke warnet hanya sekedar browsing liat berita-berita terbaru di internet, download software atau lagu mp3 terbaru serta ngecek kalau ada email masuk sekalian kirim balasan. Maklum ajalah waktu itu harga HP dengan feature yang canggih harganya masih mahal, adanya HP kacangan harga 300 ribuan + isi pulsa 20 ribu he he.

Apa sih maksudnya U Comment I Follow ?

Dari hasil blogwalking dan riset kecil-kecilan ehm…, beberapa blogger memiliki pendapat sendiri-sendiri tentang arti dari slogan U Comment I Follow ini. Berikut beberapa kutipan yang saya ambil :

“Biasanya para Blogger menganut ajaran “U Comment I Follow” yang artinya jika anda berkomentar maka yang punya blog akan berkunjung ke Blog anda dan berkomentar balik “
“Setelah backpacker dari satu blog ke blog lain yang memuat posting tentang U Comment I Follow, akhirnya jadi ngerti juga. Ternyata "hanya" mematikan attribute rel nofollow pada setiap link yang ada di blog kita, dan trackbacks menjadi dofollow”.
Nah, dari 2 kutipan singkat diatas sebenarnya sudah bisa dipahami dengan jelas apa yang dimaksudkan dengan slogan U Comment I Follow. Nah saya pun sudah mulai menerapkan hal yang sama untuk blog ini. Pertama, sejak kurang lebih 1 bulan yang lalu saya sudah menjadikan blog ini blog dofollow dengan cara menghapus semua attribute rel=nofollow yang ada pada template yaitu dibagian commentUrl dan backlinkUrl (trackback). Alasannya apa ? Dengan menghapus attribute rel=nofollow sama artinya kita memberikan otoritas penuh kepada Googlebots untuk membaca (crawl) semua komentar dan link yang ditinggalkan serta mencatatnya (indeks) sebagai sebuah tautan balik atau backlink. Singkatnya 1 komentar dengan 1 link pribadi yang kita tinggalkan akan dicatat sebagai 1 backlink untuk anda. Artinya tanpa yang punya blog mengunjungi serta berkomentar balik pun sudah  terwakili dengan backlink yang diberikan tsb ( pendapat orang-orang yang ngga ikhlas ngasih backlink nih ! ), itulah yang dimaksud dengan kata-kata follow dalam slogan tersebut. Tapi buat saya point pentingnya adalah kita bisa menjalin hubungan pertemanan dan silaturahmi diantara sesama blogger. Yang kedua, setiap ada pengunjung yang datang dan meninggalkan komentarnya di blog ini saya selalu berusaha menyempatkan diri mengunjungi website atau blog mereka dan meninggalkan komentar saya juga disana. Ini sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kunjungan mereka.

Masihkah gerakan U Comment I Follow ada ?

Terakhir sebelum postingan ini naik tayang (cieee…), saya mencoba mengecek lewat perantara mbah Google, hasilnya adalah :
  • Untuk kata kunci “U Comment I Follow” menunjukkan angka 275.000.000 hasil pencarian dengan peringkat pertama adalah Hakimtea.com blog dari Indonesia. Selamat buat bang Hakim !! Anda pun telah berhasil melampaui kepopuleran situs milik Randa Clay yang notabene adalah pelopor gerakan U Comment I Follow ini di Amerika Serikat.
  • Untuk kata kunci “Gerakan U Comment I Follow” menunjukkan angka 284.000 hasil pencarian dan rata-rata berasal dari Indonesia.
Berarti kalau saya menulis postingan ini dengan judul “Gerakan U Comment I Follow” maka saingan saya adalah 284.000 blog atau situs yang menulis judul postingan yang sama. Karena kalau saya beri judul “U Comment I Follow” sama artinya bunuh diri karena bersaing dengan 275.000.000 lainnya ha..ha…

Dari data angka hasil pencarian Google tadi ternyata masih banyak yang menulis tentang U Comment I Follow, namun sampai dengan halaman ke-3 hasil pencarian Google barulah saya menemukan posting dengan judul yang sama pada bulan April 2011. Semoga saja peluang postingan ini muncul dihalaman pertama hasil pencarian Google menjadi semakin besar. Kata kunci yang selalu saya ingat di kepala manakala menginginkan sebuah tulisan kita muncul di halaman pertama Google adalah : “Bijaksanalah dalam memanfaatkan sebuah momentum atau kesempatan yang ada”. 

Oke sahabat blogger, sekian saja postingan saya kali ini. Semoga tulisan ini bisa membawa manfaat dan menjadi ilmu buat kita semua. Bagi yang belum membaca postingan saya sebelumnya Daftar Blog Dofollow 2011, silahkan dibaca karena puluhan backlink gratis sudah menunggu anda he..he. Salam Blogger !!

35 komentar untuk "Gerakan U Comment I Follow, Masihkah Ada ?"

  1. aku baru2 ini baru gencar nyari blog yang do follow, dari dulu sih males banget, eh belajar soal backlink ternyata blog yang dofollow bagus juga buat cari backlink....salam kenal juga sob

    BalasHapus
  2. Klo saya pengen ngikut gerakan ini, apa cuma dengan menghapus atribut rel=nofollow dari blog kita..? Gimana ngecek blog qta sdh dlm "U Comment I Follow" ?

    Trima kasih..
    Keep smile & happy blogging..

    BalasHapus
  3. Kalau saya termasuk yang U comment I follow. Sebenarnya ya simpel saja sih. Ini kan sama dengan bertetangga, saling bersosialisasi. Jadi kalau ada tetangga berkunjung, tentu kita juga sebaiknya berkunjung ke rumahnya...

    BalasHapus
  4. @belajar autocad OK bro, salam kenal juga dan selamat "berburu" backlink deh.

    BalasHapus
  5. @Mpiez AZA™ Iya betul, cara menjadikan blog dofollow tingga hapus aja attribut rel=nofollow pada template. Jgn lupa save dulu sebelum diedit. Cara ngeceknya kalo di firefox tinggal klik kanan pilih view page source akan terbuka window baru, trus cari kata "nofollow"nya masih ada apa tidak ? Atau pasang addons "NoDofollow" di browser firefox paling gampang koq.

    BalasHapus
  6. @@zizydmk Setuju sekali, yang lebih penting itu kan menjalin silaturahmi sesama blogger. Jangan cuma mikirin backlink melulu. Saya salut buat teman kita Iskaruji.com dan Multibrand yang selalu mengunjungi balik setiap ada yang berkomentar di blog mereka. Sebuah contoh yang baik dari orang2 yang lebih senior.

    BalasHapus
  7. makasih informasinya. . . informasi ini sangat penting buat saya dan informasi ini benar-benar berguna sekali. . . . . informasinya juga menarik sekali. . . .

    jangan lupa lihat juga blog saya. . .

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    makasih kamu

    BalasHapus
  8. @about linux installation OK tunggu aja kunjungan baliknya. Trims juga ya.

    BalasHapus
  9. Ualah..
    Q baru tau cKg..
    Tak kira kLo Q cOmmEnt, Q diFollow tRus cOmmen baLik Diax..
    Ya Enak kLo gtO..
    hahaha
    Matur thank yOu inFox gan..^^
    ͼ⎝⋗⍜⋖⎠ͽ

    BalasHapus
  10. hAHAHA
    Link anda sudah tErpasang Boz..
    siLahkan Dicek
    _

    BalasHapus
  11. klo aq menafsirkannya kata-kata "u follow i follow", "u comment i comment" malah g bagus, berarti kita meminta dulu baru memberi, klo aq sih mending banyak memberi, pasti ntar akan lebih banyak menerima, pernah dulu kuposting, tapi selera orang memang beda-beda :D

    BalasHapus
  12. Sup administrative Simply put i want to thank you a whole lot not necessarily for this particular posting eliminating additionally for the purpose of this each and every one former content.

    BalasHapus
  13. Makasih ya untuk informasi ini. Agak sukar untuk saya pos koment.

    BalasHapus
  14. nemu juga akhirnya blog dofollow yg kesekian kalinya..salam bro ane mau promosi blog ajah nich kebetulan blog ane dofollow comment juga silakan masukkan dalam daftar yach heheh ngarep dot com...follow juga nanti saya follow balik..sukses untuk blog dofollow..:)) salam sobatku

    BalasHapus
  15. oalah trnyata begitu pengertin U Comment I follow, pdahal dah sempet asal sebut pada koment sbelumnya
    Saya jg akan ikut gerakan ini, silaturrahim dan saling membantu

    BalasHapus
  16. @Izul Simple Symbian No problem sob, thanks sudah berkomentar disini.

    BalasHapus
  17. sebenarnya bagi kami di MELUNTIR - MELINTIR - MELUNTIR, gerakan ini sangat bagus karena mendukung kami lebih baik dan juara.

    salam MELUNTIRkita
    http://meluntirkita.blogdetik.com/

    BalasHapus
  18. mantap infirmasnya , btw selamat buat bang hakim untuk Hakimtea.com yang mengalahkan rekor , ada yang ingin sy tanyakan apa bedanya dengan comment luv ?

    BalasHapus
  19. Thanks for sharing your opinion. Pertama, sejak kurang lebih 1 bulan yang lalu saya sudah menjadikan blog ini blog dofollow I am very pleased to read after this superb blog. Heartly congratulation. Thanks...

    BalasHapus
  20. ada dua hal penting yang sanat bermanfaat bagi saya dari halaman ini
    1. Gerakan do-follow ternyata di ikuti oleh sekian ribu blogs.
    2. membuat sebuah artikel itu harus memikirkan saingan seperti yang dilakukan kang irfan, pilih "you comment I follow" dengan sekian saingan atau "gerakan u comment I follow dengan saingan lebih sedikit."

    Thanks kang... btw saya sudah memasukkan blog share with irfan ke dofollow search, mohon untuk tetap do-follow agar kawan kawan tidak kecewa. makasih

    BalasHapus
  21. menarik sekali ya, saya punya blog satu lagi namun banyak muncul komentar aneh2.. jadi yang seperti ini tidak bisa dicoba di blog itu.. hehehe..

    BalasHapus
  22. ane baru tau tentang dofollow...gimana ya biar blog kita tau blog kita dofollow

    BalasHapus
  23. Salam kenal, saya punya impian ingin menjadi Internet Merketer yang hebat :-), makasih info dan ilmunya semoga sukses selalu.

    Zendy Rachmad W

    BalasHapus
  24. What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say.

    BalasHapus
  25. terimaksaih semoga blogger indoensia tetap exist

    BalasHapus
  26. nice sob, memang benar kutipan kata ni "Tapi buat saya point pentingnya adalah kita bisa menjalin hubungan pertemanan dan silaturahmi diantara sesama blogger."

    BalasHapus
  27. I don't have any comment because your post amazing its very closed to me thanks for sharing this post I appreciate your work keep it up

    BalasHapus
  28. I’m a UB player, albeit not high stakes. Thanks for posting this. Very interesting look into online gaming.

    BalasHapus
  29. Mau tanya donk...
    Kalau misalkan kita komentar di blog yang dofollow,
    Apakah blog yang kita komentari akan otomatis follow blog kita...???

    Makasih...
    Kunjungi balik ya...
    http://www.fanslove-prasetiya.co.cc/
    Mohon kritik dan sarannya karena masih pemula...

    BalasHapus
  30. Nice info gan..

    bener nih, sekarang ane jd jarang lihat blog-blog yang mengusung "U comment I follow".. weleeehh piyeee ikiii??

    BalasHapus
  31. dan yang pastiny, pengunjung menjadi lebih aktif yah mastah? jadi ada partisipasi jg.

    BalasHapus
  32. jadi kita memang harus budayakan komentar blog ya gan,
    jangan lupa follow blog ane ya. ditunggu

    BalasHapus
  33. saya masih bingung, kenapa setiap saya berkomentar, pas saya cek lagi link saya, ternyata masih rel=nofollow padahal di edit HTML sudah saya ubah jadi dofollow. Itu kenapa ya?

    BalasHapus