Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Optimasi SEO, Apa Mengapa dan Bagaimana


Tadinya saya tidak ada niat sama sekali menulis tentang optimasi seo ini, namun karena ada beberapa hal yang menarik perhatian saya saat blogwalking malam sebelumnya. Kemudian dilanjut lagi dengan blogwalking tadi pagi kembali saya mendapati beberapa hal aneh terkait dengan optimasi seo yang sudah sering disebut-sebut ini. Temuan-temuan menarik saya dapati saat “mengintip” beberapa blog dengan menggunakan meta tag analyzer dan keyword density. Ternyata banyak yang hanya bisa mengucapkan saja padahal sebenarnya tidak tau sama sekali yang dimaksud optimasi seo.

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang ramai-ramainya dibicarakan tentang beberapa kontes SEO, diantaranya sebut saja Kontes SEO 2011 Mari Berkomunitas Di Faceblog dimana saya sendiri pun turut berpartisipasi menjadi peserta kontes. Nah dalam rangka kontes ini, sudah pasti semua peserta akan berusaha melakukan optimasi blognya semaksimal mungkin supaya artikel yang ditulis bisa muncul dihalaman pertama hasil pencarian search engine. Halaman hasil pencarian search engine ini biasa juga disebut SERP atau Seach Engine Result Page (ada yang baru tau..? sama kalo gitu..ha ha).

Kembali ke laptop, sebagai blogger pemula saya pun memiliki pengetahuan dan pemahaman yang masih kurang mengenai cara optimasi seo. Namun tidak ada salahnya juga kalau saya ingin mencoba berbagi dan menyampaikan tentang optimasi seo blogspot ini menurut pemahaman saya dan dalam bahasa bertutur saya.

Optimasi SEO, apakah itu ?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa kita diterjemahkan optimasi mesin pencarian. Definisi Optimasi SEO menurut pemahaman saya adalah upaya-upaya yang harus atau sebaiknya kita lakukan dalam rangka mengoptimalkan hasil pencarian dari search engine itu sendiri. Contoh search engine adalah Google, Yahoo, MSN, Bing, Ask dan lain-lain.

Optimasi SEO, mengapa harus dilakukan ?

Ya tentu saja harus kita lakukan !! Alasannya sudah pasti supaya judul postingan atau nama blog kita bisa muncul di halaman hasil pencarian search engine. Seperti juga mereka yang lagi ikutan Kontes SEO Mari Berkomunitas Di Faceblog, pasti berharap sekali agar artikelnya bisa muncul di halaman 1 Google.  Alasan lain kenapa optimasi seo harus dilakukan adalah supaya para robots yang ditugaskan oleh mesin pencarian tersebut untuk menelusuri dan mencatat data-data penting di blog kita menjadi lebih bersahabat, karena apa saja yang ingin mereka telusuri dan mereka data semuanya sudah terpenuhi berkat sentuhan optimasi yang telah kita lakukan. Seperti itulah kira-kira analoginya menurut saya. Buat yang blognya masih nofollow mungkin hal ini bisa jadi pertimbangan. Karena kalau kita masih menggunakan attribute rel=nofollow di blog kita, itu sama artinya kita memasang tulisan “DILARANG MASUK” tepat di pintu masuk blog kita. Sehingga sang petugas sensus alias robots Google tadi pun menjadi enggan untuk memasuki blog dan mencatat data-data penting seperti backlink anda misalnya.

Optimasi SEO, bagaimana melakukannya ?

Inilah bagian penting artikel ini yang membuat saya begitu “bernafsu” untuk segera menuliskan apa yang ada dalam kepala saya saat ini. Menurut beberapa referensi dan juga hasil dari blogwalking ke beberapa blog lain, saya mendapati bahwa untuk melakukan optimasi seo secara umum bisa dilakukan dengan 2 cara atau 2 teknik. Kedua teknik optimasi seo ini yaitu :


Yang dimaksud adalah usaha atau upaya kedalam yang kita lakukan untuk lebih mengoptimalkan halaman blog kita dengan tujuan supaya mendapatkan posisi atau peringkat yang lebih baik di halaman hasil pencarian search engine (SERP). Contoh teknik optimasi seo on page misalnya  :
  • Optimasi struktur halaman blog/web yang dimulai dari pemilihan template yang tepat (dalam bahasa saya adalah template yang SEO friendly), penggunaan tag H1,H2 dst, penggunaan CSS, script dalam template dan lain-lain. Sekedar sharing pengalaman, waktu pertama kali membuat blog ini saya menggunakan Archel template. Selepas 1 bulan pertama saya iseng mencoba mencari tau apakah semua postingan saya sudah di indeks oleh Google, ternyata ada beberapa yang belum terindeks. Setelah googling kesana kemari akhirnya saya menemukan jawaban. Penyebabnya adalah ada bagian tag didalam template saya yang hilang atau tidak ada. Maka dari itu bagi anda yang suka mengutak-atik template berhati-hatilah jangan sampai kode heading (H1, H2, H3…dst) template anda hilang !!
  • Optimasi meta tag. Idealnya sebuah blog harus memiliki meta tag deskripsi dan meta tag keyword. Dan saat menulis sebuah postingan, ingatlah selalu target keyword yang ada dalam meta tag anda. Temuan menarik seperti yang saya katakan dalam prolog diawal tulisan ini adalah: dari hasil tes sampling secara acak pada blog yang tampil di halaman pencarian Google dengan  target keyword Mari Berkomunitas Di Faceblog, saya menemukan ada beberapa blog yang tidak memiliki meta tag deskripsi dan keyword. Dan yang lebih membuat saya terkejut lagi ada blog yang tampil dihalaman pertama ternyata tidak memiliki title. Sampai sekarang pun saya masih bingung sendiri, koq bisa ya nangkring dihalaman pertama ? Ayo temukan jawabannya !!
  • Optimasi SEO pada postingan blog, seperti penempatan keyword, anchor link dan keyword density. Nilai keyword density seperti yang disarankan beberapa master seo adalah 2 – 7%. Bagi yang belum familiar dengan tool ini, cobalah cari di Google. Untuk pengguna Wordpress, anda akan merasa sangat terbantu sekali jika sudah menginstall plugin All In One SEO Pack.
  • Optimasi SEO dengan membuat internal link atau link antar postingan. Khusus untuk link antar postingan, biasanya saya langsung menuliskan keseluruhan, sebagian atau penggalan judul dari postingan saya sebelumnya dengan asumsi bahwa kata tersebut adalah keyword dan link yang saya buat langsung menuju kearah artikel dimaksud. Sebaiknya anda tidak (jangan pernah..!!) membuat link antar postingan dengan  menuliskan kata-kata singkat seperti klik disini misalnya.
  • Pengaturan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar)
  • Memperbaiki broken link atau link yang rusak
  • Masih banyak beberapa cara lain, silahkan anda eksplore sendiri (udah kepanjangan niiihh..!!)


Yang dimaksud dengan teknik optimasi seo off page adalah usaha atau upaya yang kita lakukan untuk mengoptimasi halaman blog dari arah luar. Tujuannya tetap sama, agar peringkat atau posisi SERP kita menjadi bagus atau lebih baik. Contohnya hanya ada 1 yaitu bagaimana kita bisa mendapatkan backlink berkualitas yang menuju kearah blog kita (inbound link). Untuk mendapatkan backlink berkualitas bisa dilakukan dengan bebeberapa cara, misalnya :
  • Sering-seringlah berkomentar di blog yang sudah dofollow (seperti blog saya nih..ha..ha). Sekedar sharing lagi…, setiap kali berkomentar di blog lain baik di blog dofollow maupun tidak, sejak awal saya selalu konsisten dengan menuliskan title blog saya “Share With Irfan”, alamat email xxx@ymail.com dan link yang saya “titipkan” selalu link yang mengarah ke homepage blog saya yaitu http://rayhanzhampiet.blogspot.com/ . Saya sangat yakin bahwa suatu hari nanti akan menuai hasil dari “optimasi seo terselubung” dan ke-konsisten-an yang saya lakukan.
  • Membuat blog dummy yaitu blog yang sengaja kita buat dengan tujuan hanya untuk memberikan backlink kearah blog yang sedang kita optimasi. Dalam membuat blog dummy ini saya selalu berusaha mencari platform blog yang ranknya sudah tinggi. Hal ini sangat bagus untuk mendongkrak posisi blog kita di search engine.
  • Manfaatkan social network atau situs jejaring sosial yang ada seperti Facebook atau Twitter. Update status anda dengan menyertakan link postingan terbaru, sehingga teman-teman anda mengetahuinya dan bagus lagi kalau mereka langsung mengklik linknya untuk segera membaca postingan anda. Kalau saya sendiri lebih menyukai jejaring sosial asal Kanada yaitu identi.ca karena indeks dari Google juga cepat.
  • Submit artikel ke beberapa blog directory gratisan seperti Zimbio atau Flixya, dan jangan lupa juga dengan situs berita dalam negeri kita seperti Lintas Berita atau Infogue.
  • Cara lain yang hampir diterapkan oleh semua blogger adalah bertukar link atau link exchange antar sesama blogger. 
Nah akhirnya selesai juga nih ngeluarin "uneg-uneg" masalah optimasi seo. Mudah-mudahan tulisan saya yang sebenarnya juga sedang belajar optimasi seo ini bisa bermanfaat, utamanya untuk optimasi seo blogspot mas bro semua. Kalau ada diantara mas bro yang merasa kurang pas ataupun salah dengan tulisan ini, saya persilahkan mengkritik asalkan dengan bahasa yang santun. Dan jika merasa sudah puas dan terpenuhi rasa keingintahuannya tentang teknik optimasi seo, berikanlah komentar positif untuk saya. Karena saya pun akan memberikan backlink sebagai reward he he. Salam persahabatan untuk mas bro semuanya.


40 komentar untuk "Optimasi SEO, Apa Mengapa dan Bagaimana"

  1. makasih share-nya boz, setauku sih pada dasarnya om google lebih senang nofollow, tapi semua ada kelebihan n kelemahannya boz, punyaku juga dofollow, hehe...



    btw boz ada award nih, diambil ya di tempatku, no : 40, thanx boz : http://jalanjalandingin.blogspot.com/2011/06/bagi-bagi-award-buat-sobat.html

    BalasHapus
  2. Wah, saya sama sekali gak kepikiran untuk optimasi seo. Menulis diblog aja masih jarang

    BalasHapus
  3. Oh apa ini ? Kang SEO itu siapa ? @_@

    BalasHapus
  4. @OEN-OEN Sama-sama mas bro.., tengkyu juga buat awardnya ya. Ane jadi merasa tersanjung nih..hua ha ha.

    BalasHapus
  5. themenya harus lebih ringan dan metanya diperbaiki :)

    BalasHapus
  6. Mau nimbrung komen.. Mas bro apa memang harus sering2 komentar spt yg saya lakukan pada blog sampean ini.. Lalu gimana ngeliat hasilnya mas bro..?

    BalasHapus
  7. @pututik
    Makasih sarannya mas putut. Loadingnya mulai agak berat ya karena sudah hampir 100kb. Nanti kalo ada waktu luang memang mau bersih2 sekalian ngerapiin meta tagnya. Trims mas
    @ABoh EKA™ Maksud Aboh EKA ngeliat hasil apa nih backlinknya ? Cek aja lewat google webmaster tools, datanya lebih akurat ! Hasil optimasi seo off page juga terlihat dari Alexa rank yang semakin menciut.

    BalasHapus
  8. info yang menarik dan sangat bermanfaat, mas. sejak dulu saya belajar seo, tapi sampai sekarang ndak lulus2, hehe ...

    BalasHapus
  9. @sawali tuhusetya Aduh pak sawali bisa aja nih. Jgn terlalu merendah pak he he, makasih udah berkenan mampir di blog saya ini.

    BalasHapus
  10. wah menarik tips nya SEO, jadi numpang belajar dimari deh :D

    BalasHapus
  11. wew, makasih infonya, saya akan mencoba menerapkan yang SEO Off Page

    BalasHapus
  12. Hmm. . . Sangat menarik artikelnya. . . tapi kalo boleh saya bertanya, , , yg dimaksud template "Seo Friendly" tuh yg kaya gimana??(maklum newbie). . . apakah bisa di kasih saran/contoh/kriteria template yg seo friendly. . .
    ma kasih.. . maaf kalo udah ngebala di kotak komennya . . .

    BalasHapus
  13. @Bintang Contoh temlate yang sudah SEO friendly adalah template yang sudah memuat meta tag title, meta tag deskripsi atau meta tag keyword. Banyak juga template yang dibuat lebih mementingkan sisi desain yang bagus, namun melupakan sisi SEO-nya karena tidak menyertakan beberapa meta tag seperti yang saya sebutkan tadi. Coba aja cek templatenya dengan tool meta tag analyzer ya..

    BalasHapus
  14. Keren gan artikelnya, di coba ah SEO nya, oya, blog saya juga dofollow,, hehehe

    BalasHapus
  15. yup betul sangat menarik dan menyegarkan

    BalasHapus
  16. nah dapet lagi ilmu seo nih mas bro....tks ya...jadi makin pinter saya kalo sering2 masuk ke blog anda :)

    BalasHapus
  17. Tutorial nya sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya.jadi mengerti SEO neh..trims gan

    BalasHapus
  18. Saya baru belajar nge-blog.. Numpang nanya neh, kenapa judul blog saya tidak tidak muncul di hasil pencarian search engine? Yang muncul cuma halaman utama saja.. Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Wah..si agan merendah juga nih..baru belajar tapi dah PR2 juga :D Untuk menampilkan judul postingan diikuti oleh judul/title blog bisa meletakkan tag seperti dibawah ini tepat dibawah kode <head> dalam template sobat !

    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/> | Liga Super Indonesia</title>
    </b:if>

    BalasHapus
  20. Thanks Mas Bro... segera dipraktekan.. mudah-mudahan berhasil.

    BalasHapus
  21. makasih banyak om atas ilmunya..
    Semoga sukses ya om..:D

    BalasHapus
  22. hal ini yang kadang-kadang bikin penasaran terus-menerus...
    apalagi gak ke index terus artikelny....ckckckckkk
    semoga ane tercerahkan sob

    BalasHapus
  23. wahh,..mantap infonya mas,.bagi bagi pengalaman maasalah blog,.
    makasih banyakmaS

    www.viosixwey.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Wahh.... makin nambah nih ilmunya...

    thanks gan buat sharingan_nya...

    BalasHapus
  25. Bingung soal dummy. yang dimaksud dengan platform blog yang tinggi itu apa sobat..?
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  26. wah,, keren... bisa di jadiin referensi niii... maklum.. pemula... mas/// visit n follow me... thx u.

    http://bintangseo.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. Selamat malam mas, mau nanya sedikit:
    Bagaimana cara mengecek H1,H2,H3 dst kalau komplit. Jikalau ternyata tidak lengkap bagaimana cara mengatasinya?

    Terimakasih
    Supriyadi Pro

    BalasHapus
  28. thank you bro gan... :)
    ilmmunya saya save page dulu..
    keren...

    BalasHapus
  29. Tips seo banyak bgt ya...Huh belajarnya pasti lama juga! Thanks info.Y n slm kenal

    BalasHapus
  30. manfaat banget nih..

    BalasHapus
  31. Thanks Infonya sangat bermanfaat untuk orang yang masih dangkal dalam pemahaman SEO seperti saya (hehehehe....).

    BalasHapus
  32. infonya menarik Sobb,,, tidak ada cara lain selain harus SEO agar bisa bersaing....

    BalasHapus
  33. Semua toturial SEO di atas sudah ane lakuin kecuali membuat blog dummy, lumayan susah dan butuh ketekunan kalo bikin blog dummy.

    BalasHapus
  34. makasih infonya gan... sgt bermanfa'at.......

    BalasHapus
  35. mantep gan,,,mudah2n blog saya juga bisa jadi kayak blog ini.amin
    blog saya tentang "download lagu-lagu mp3, spesial lagu-lagu MUSE"..

    BalasHapus
  36. wahhh... baru belajar seminggu... baca ini jadi tambah pusing + tambah pengetahuan.... thx gan...

    BalasHapus