Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Posisi SERP Blog Di Google Search Engine


Cara Mengetahui Posisi SERP Blog Di Google Search Engine  - Bagi para master seo atau juragan kontes, tools untuk mengetahui posisi SERP website/blog mereka di search engine Google atau Yahoo ini bukanlah barang baru lagi. Karena bisa saya pastikan mereka selalu menggunakan tools bernama SEOSerp ini untuk mengetahui rangking website/blog mereka di search engine untuk target keyword tertentu (keyword pada kontes SEO). So, buat para master seo dan juragan kontes seo silahkan lewat saja he he karena artikel ini saya tujukan buat sobat blogger yang mungkin belum tahu atau belum mengenal yang namanya SEOSerp ini. Yups sobat blogger, tools SEOSerp ini adalah tools untuk mengetahui posisi atau rangking blog kita (lebih spesifik lagi untuk artikel atau postingan) pada halaman hasil pencarian Google atau istilah “gaulnya” adalah SERP (Search Engine Result Page). Blogger manapun sudah pasti menginginkan artikel atau postingannya bisa masuk di halaman 1 (pertama) Google yang menampilkan 10 rangking tertinggi (urutan 1 – 10) dengan kata kunci atau target keyword tertentu. Pada ajang kontes seo, kata kunci atau target keywordnya sudah ditentukan oleh panitia kontes. Sedangkan untuk artikel atau postingan umum, kata kuncinya tergantung pada si pembuat artikel mau “nembak” keyword apa. Dengan menggunakan SEOSerp ini sobat blogger tidak perlu lagi membuka satu demi satu halaman pencarian Google untuk mengetahui posisi SERP artikel sobat, karena SEOSerp ini memperlihat hasil pencarian urutan 1 - 1000 di Google..wow that is cool man..!

OK sobat, saya akan coba memberikan ilustrasi supaya lebih memudahkan sobat blogger bagaimana cara menggunakan tools SEOSerp ini. Misalnya saya ingin mengetahui posisi artikel saya 1000 Backlink Supaya Menang Kontes SEO di search engine. Kata kunci atau keyword yang saya tuju pada saat membuat artikel ini pada akhir Agustus lalu adalah “1000 Backlink”. Waktu itu saya penasaran melihat hasil pencarian di google.com untuk kata kunci “1000 Backlink”. Akhirnya muncul niat untuk membuat artikel tersebut untuk mencoba menjajal kemampuan blog ini apakah mampu bersaing di google.com internasional tersebut, sekalian menjajaki “kehebatan” template SEO Thesis oprekan Blog Juragan yang saya pakai ini yang (sekali lagi..) katanya sih template yang seo friendly.
Cara mengecek posisi artikel di SEOSerp adalah sebagai berikut :
1.       Langsung saja menuju ke situs SEOSerp ini.
2.       Pada target Google ada pilihan Google dari 60 negara, kita pilih yang pertama yaitu Google International (www.google.com).
3.       Pada keywords diisikan kata kunci artikel 1000 Backlink.
4.       Kemudian your domain saya isikan http://rayhanzhampiet.blogspot.com/
5.       Klik tombol Go for SERP.

6.       Hasilnya adalah artikel tersebut menduduki posisi ke-11 pada hasil pencarian google.com seperti gambar dibawah ini.

7.       Selanjutnya saya coba lagi untuk mengetahui posisi artikel tersebut di Google Indonesia dengan mengklik google.co.id pada pilihan Select a Google.
8.     Hasilnya artikel tersebut berada di urutan 1 (pertama) Google Indonesia bravo seperti terlihat pada screenshot dibawah ini.

9.     Langkah terakhir adalah mengecek langsung kebenaran hasil dari SEOSerp pada browser dengan langsung meluncur ke google.com dan google.co.id. Untuk bagian yang ini saya persilahkan sobat blogger untuk membuktikannya he he…

Nah dari ilustrasi yang sudah saya berikan tadi, saya harap sobat blogger sudah bisa paham bagaimana cara untuk mengetahui posisi SERP blog di search engine atau Google. Belajar dan terus belajar serta jangan pernah puas dengan hasil yang sudah didapat saat ini akan menjadi kunci sukses buat kita bersama. Happy nice blogging.


49 komentar untuk "Cara Mengetahui Posisi SERP Blog Di Google Search Engine"

  1. Saya termasuk salah satu pengguna seo serp untuk mengetahui posisi-posisi artikel postingan pada blog. Berapa periode sekali google bot menyambangi website yaa kok kata kunci pencarian blog tidak bertambah? Salam blogger

    BalasHapus
  2. @Tirani Luph Tazmania
    Makasih juga sudah berkunjung ;;)

    BalasHapus
  3. @Mobil Keluarga Terbaik Indonesia

    Sama2 gan, moga sukses kontesnya :D

    BalasHapus
  4. Mantap abiss tips nya gan,, thanks dah berbagi

    BalasHapus
  5. @indreaz indra
    gkk..thanks juga udah mau mampir dan komen disini. blognya udah saya kunjungi balik.

    @andaripa
    welcome to blogger, do your best buddy..! :D

    BalasHapus
  6. blog nya bos,bagus juga serp nya.thanks infonya bos

    BalasHapus
  7. info yang bagus nich, dengan seo serp jaid lebih mudah dan simple nyarinya dibanding secara manual di google langsung....

    BalasHapus
  8. bagus banget neh info mass...
    nambah ilmu lagi...
    thanz y...
    :D

    BalasHapus
  9. Trimah kasih infonya yah bro!!!

    BalasHapus
  10. apa tiap artikel harus dipasangi keywordapa tiap artikel harus dipasangi keyword

    BalasHapus
  11. @Firman
    Wah pertanyaannya sedikit sulit untuk di jawab ~x( Harus dipasangi keyword atau tidak tergantung pada niat awal kita saat menulis artikel tsb. Kalo kita ingin artikel bisa ditemukan orang lain melalui search engine (google), usahakan meletakkan keyword yang merupakan sebagian dari judul artikel dalam susunan kalimat yang wajar namun bukan pengulangan dari keseluruhan judul. Tambah bingung ya he he :D

    BalasHapus
  12. Wow... keren gan. Artikel2 nya benar2 sangat membantu saya gan, thanks bwt share infonya. good job...

    BalasHapus
  13. uda selesai check posisi blog saya di seo serp mas, mantabz.... thanks infonya

    BalasHapus
  14. Makasih bos....
    Postingan saya hampir habis di Google....
    Ketendang Panda.....

    BalasHapus
  15. Aku gak tau , saya tembak keyword di judul, malah gak nongol. Tapi ada sedikit trafik yang datang dengan kata kunci lain. Bisa ajarin saya, sob!

    BalasHapus
  16. sipp gan.. baru tahu ane ada tool sebagus ini.. noba dulu deh

    BalasHapus
  17. salam, untuk senang cek ranking blog, boleh guna addon firefox, Rank Checker, "seobook.com",

    kita boleh masukkan beratus keyword, pilih negara dan klick run. kita dapat tahu semua posisi link blog kita mengikut keyword yang kita masukkan(1-200 posisi link pada search engine)

    BalasHapus
  18. Wah-wah wah sangat efektif ya ....
    Makasih bro... langsung ke tkp

    BalasHapus
  19. Wah bagus kak..
    Ijin coba buat kontes pertama saya..

    BalasHapus
  20. Info keren gan :D bermanfaat bgt buat saya yg masih nubie... Sayang keyword yg saya incar masih jauh dari harapan :(
    tetap semangat aja deh... :D

    BalasHapus
  21. Infonya sangat bermanfaat, thanks

    BalasHapus
  22. wah, saya berterima kasih utk sharenya sgt bermanfaat banget. Kalau kita langsung dari search sendiri, kenapa hasilnya bisa beda2 yah. Misalnya komputer1 dan ke 2 mencari keyword tertentu, saya sering liat perbedaan posisi.

    BalasHapus
  23. Ok dicoba dulu yak gan ;) Makasih atas infonya :)

    BalasHapus
  24. Mantab gan..barguna banget.. :)

    Salam kenal dan sukses selalu ya...

    Oh ya sudah saya follow...follback yah.. :D

    BalasHapus
  25. Thanks infonya gan, ane udah pake toolsnya SEOSERP, emang mantap, meski blog ane masih tercecer. maklum nyubi gan :D

    BalasHapus
  26. makasih infonya...
    meskipun milik ane masih jauh dari harapan..

    BalasHapus
  27. segera ke TKP maklum masih newbie
    makasi infonya

    BalasHapus
  28. langsung ke lokasi.. thx mas atas infonya..

    BalasHapus
  29. Jangan lupa kunjungi Biologipedia yach. Blog sains pertama di Indonesia

    BalasHapus
  30. terima kasih infonya......., langsung ke tkp.

    BalasHapus
  31. makasi bro.. silakan sobat berkunjung k blog baru saya dan jangan lupa di follow

    BalasHapus
  32. Bro, mohon infonya. Kemarin blog saya cek masih masuk 30 besar, eh giliran keesokan harinya saya cek kok hilang entah kemana ?
    kira-kira ada apa ya gan ? bingung saya....
    saya cek di google masih terindex

    BalasHapus
  33. @Butik online
    Dari tanda2 yang anda sebutkan, sepertinya blog anda mengalami efek Google Sandbox yang umumnya disebabkan kegiatan optimasi seo yang berlebihan pada satu waktu, misalnya backlink melalui komentar. Hentikan sementara kegiatan optimasi seperti backlink dan tetap update blog sebagaimana biasa.

    BalasHapus
  34. nice info....menambah wawasan tentang SEO...thx

    BalasHapus
  35. boleh dicoba nih, trmksih ya sobat atas infonya :)

    BalasHapus
  36. sudah ku coba bang. ternyata bisa pakai cara ini y

    BalasHapus
  37. Terimah kasih mas, saya lagi nyari ini, bagus untuk mengetahui posisi kita dalam kontes seo

    BalasHapus
  38. susanto
    thanks for the article
    good luck always
    lihat juga susanto

    BalasHapus
  39. saya juga pengguna http://seoserp.com, tools gratis dan untuk fasilitas nya lengkap banget.. salam kenal buat admin.. :)

    BalasHapus