Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Supaya Blog/Blogspot Dapat Dilihat Dalam Versi Mobile


Supaya Blog/Blogspot Dapat Dilihat Dalam Versi Mobile  -  Blog saya ini sudah dapat diakses /dilihat melalui perangkat mobile (HP atau Smartphone) baik yang ber-OS Java ataupun Android seperti Blackberry. Pada blogger/blogspot sebenarnya sudah tersedia fitur baru untuk ini yang disebut dengan mobile template atau template seluler, namun sayang sepertinya masih banyak sobat blogger yang belum memanfaatkan fitur ini. Padahal jika blog sudah disetting supaya dapat dilihat dalam versi mobile, maka hal ini bisa jadi sumber trafik baru untuk blog sobat. Pada tips blogging kali ini saya mau share bagaimana cara supaya blog/blogspot sobat dapat dilihat dalam versi mobile atau diakses oleh para blogger mobile yang suka ngeblog menggunakan HP tersebut. Trik ini juga bisa dianggap sebagai cara mengubah blogspot menjadi blog mobile, namun kita masih menggunakan cara manualnya. Dibawah ini adalah gambar screenshoot blog ini jika dilihat melalui perangkat selular HP/Smartphone. Sobat dapat juga mengetikkan alamat ini http://rayhanzhampiet.blogspot.com/?m=1 pada address bar browser anda untuk melihatnya.


1.    Masuk dulu ke dashboard blogger anda.
2.    Pilih Setelan (Setting) > Email & Seluler (Email & Mobile) seperti gambar dibawah ini.


3.    Pada bagian Template Seluler (Mobile Template) klik opsi “Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler”.
4.    Kemudian pada bagian Opsi Pengeposan, isi kotak kosong dengan password atau kata sandi, dan aktifkan opsi "Publikasikan segera Email". Ini adalah alamat email tujuan jika sobat ingin memposting artikel melalui perangkat seluler/HP.

5.    Jika sudah selesai klik Simpan Setelan.
6.  Sobat dapat mencobanya dengan mengetikkan http://nama-blog-anda.blogspot.com/?m=1 pada addres bar browser anda.

Nah sekarang blog menjadi dapat dilihat dalam versi mobile. Sehingga jika ada para pengguna HP yang menemukan link blog kita saat mereka googling menggunakan browser mobile (biasanya Opera Mini), maka ketika mereka mengklik link blog kita tersebut mereka akan langsung diarahkan ke tampilan template seluler blog kita yang sudah disetting tadi. Sudah paham bukan maksudnya? So, semoga cara membuat blogspot menjadi versi mobile (mobile version) ini bisa berguna untuk mendatangkan tambahan trafik baru ke blog anda. Happy nice blogging !!


5 komentar untuk "Supaya Blog/Blogspot Dapat Dilihat Dalam Versi Mobile"