Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Blogspot Menjadi Blog Mobile


Cara Mengubah Blogspot Menjadi Blog Mobile  - Membuat blog/blogspot supaya menjadi blog mobile ini merupakan kata kunci yang masih banyak saya jumpai di pencarian Google. Pada postingan saya terdahulu supaya blog/blogspot dapat dilihat dalam versi mobile sebenarnya sudah diulas mengenai hal ini. Untuk melihat blog dalam versi mobile secara manual kita harus mengetikkan format link address sebagai berikut http://nama-blog-anda.blogspot/?m=1. Nah pada tips blogging ini kita akan membahas cara mengubah blog menjadi blog mobile secara otomatis dengan cara memasukkan javascript pada template. Sehingga kita tidak perlu lagi menuliskan alamat blog secara manual dengan menambahkan ?m=1. Jadi blogger mobile bisa langsung mengakses halaman blog kita layaknya versi web HTML tanpa perlu lagi mengubah link blog kita secara manual, dan halaman blog yang ditampilkan pada HP sudah dalam format xHTML khusus untuk browser HP seperti Opera Mini. Dengan begitu pulsa sang blogger mobile pun tidak akan kesedot banyak gara-gara harus membuka halaman blog dalam versi web yang ukurannya filenya besar.

Cara Membuat Blog Menjadi Blog Mobile (versi mobile) :
1.       Download dulu file notepad untuk membuat javascriptnya disini atau disini.
2.     Buka file blogspot-automobile.txt yang baru di download tadi di notepad, kemudian ganti tulisan  http://rayhanzhampiet.blogspot.com/?m=1 yang ada dibawah dengan nama blog anda sendiri.
3.       Kemudian Save As file notepad blogspot-automobile.txt yang baru diedit tadi, pada Save as type pilih All Files kemudian pada File name tulis menjadi blogspot-automobile.js sehingga file notepadnya nanti menjadi format javascript (JS).


4.       Selanjutnya upload file javascript blogspot-automobile.js ke hosting Google Code. Baca dulu postingan saya mengenai Cara Mengupload File/Hosting Di Google Code.
5.       Jika sudah diupload jangan lupa copy URL file javascript tersebut.
6.       Lanjutkan dengan login ke dashboard blogger anda.
7.       Pilih Rancangan > Edit HTML, centang Expand widget template.
8.       Cari kode </head>  pada template kemudian copy script seperti dibawah ini dengan lebih dulu mengganti link URL file javascript yang sudah dihosting di google code sebelumnya, letakkan script ini tepat diatas kode </head>.
<script src='link url hasil upload JavaScript di google code' type='text/javascript'/>
9.       Save template anda, cobalah masukkan alamat blog anda http://nama-blog-anda.blogspot.com/ pada browser mobile (HP). Jika halaman blog bisa langsung terbuka berarti anda sudah berhasil dan proses mengubah blogspot versi web menjadi versi mobile secara otomatis ini selesai.

OK sobat blogger, silahkan dipraktekkan lagi sendiri cara mengubah blog/blospot menjadi blog mobile (versi mobile) ini. Mudah-mudahan panduan yang saya tuliskan ini tidak terlalu sulit untuk dipahami dan bisa membantu anda untuk membuat tampilan mobile blogspot anda.


12 komentar untuk "Cara Mengubah Blogspot Menjadi Blog Mobile"

  1. Element type "src" must be followed by either attribute specifications, ">" or "/>".


    plz,,ksih tipsnya...knp jdinya gini??

    BalasHapus
  2. @Acen

    Trims atas koreksinya mas Acen, memang ada yang tertinggal yaitu "script" sebelum "src" pada saat menuliskan scriptnya. Dan artikel ini sudah saya perbaiki. Jika masih mengalami kendala, silahkan coba menggunakan script ini saja <script src='http://viemonsta.googlecode.com/files/dev_mobile_for_blogger.js' type='text/javascript'/> dan letakkan diatas kode </head> pada template. 8-}

    BalasHapus
  3. Ijin bookmark gan! Very useful blog naIjin bookmark gan! Very useful blog na

    BalasHapus
  4. Mantap Kang Rayhan, saya praktekan hasilnya cepat saya buka pake Hp ... Makyus...

    Salam Kenal

    BalasHapus
  5. thanks bro Irfan, his article is very helpful, now my blog can be open in the mobile cellular ..

    BalasHapus
  6. Wah info nya lengkap banget yah..trimakasih, mau tak coba

    BalasHapus
  7. wah boleh juga nih gan..
    langsung tak praktekin ah.

    BalasHapus
  8. Bro, mau nanya nih...
    Kalau Versi Mobile ntar versi Web Versionnya ilang atau tetep ???

    BalasHapus
  9. @Ikram
    Versi mobile maksudnya supaya blog bisa dibaca langsung melalui browser mobile seperti Opera Mini, jadi yang versi webnya tetap bisa dibaca juga ngga hilang koq !!

    BalasHapus
  10. Tapi, tampilannya template web atau template mobile ?

    BalasHapus
  11. makasih mas infonya.. ini yang saya lagi cari...

    BalasHapus
  12. Trims mas..
    Saya memakai kode yang terakhir di koment mas, dan berhasil.

    BalasHapus