Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)


Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)  - Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu masih jadi blogger pemula alias newbie dan ditambah juga dari beberapa referensi yang pernah saya baca serta hasil perjalanan blogwalking yang sering saya lakukan. Seorang blogger pemula biasanya melakukan beberapa kesalahan-kesalahan umum sejak awal sang blogger membuat sebuah blog. Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan blogger pemula ?

1.       Tidak memiliki tema yang jelas.
Saat awal membuat blog seharusnya sudah terpikirkan oleh kita sebagai blogger pemula, topik apa saja kira-kira yang akan kita tulis menjadi postingan blog. Pilihlah 2 atau 3 topik utama saja sehingga anda lebih mudah fokus saat ingin menulis sebuah artikel dan nantinya blog anda akan memiliki pelanggan tetap karena anda memiliki “dagangan” yang pasti. Dan tema tadi adalah "merk dagang" anda.

2.      Terlalu berambisi untuk memiliki sebuah blog yang bagus dan banyak pengunjung.
Dalam pikiran seorang newbie, memiliki blog yang bagus dengan tampilan mewah, banyak gambar animasi dan full widget pasti akan mendatangkan banyak pengunjung. Padahal anggapan tersebut SANGAT SALAH kalau menurut saya. Karena blog yang terlalu banyak “memajang” gambar-gambar bagus dengan efek animasi hanya akan memberatkan loading blog saja dan blog anda pun menjadi lelet. Dan ketahuilah bahwa search engine SANGAT tidak menyukai blog yang loadingnya berat dan lelet. Akibatnya adalah artikel anda akan sangat lama atau mungkin tidak pernah terindeks oleh search engine. Sebaiknya pola pikir ini kita rubah menjadi seperti ini :
  • Kalau kita menginginkan banyak pengunjung, darimana pengunjung tersebut datang ?
  • Kalau pengunjung tersebut datang dari hasil pencarian kata kunci di Search Engine (Google), berarti artikel kita harus bisa terindeks di Search Engine agar bisa ditemukan orang lain.
  • Pemikiran-pemikiran seperti ini terus berkembang sampai akhirnya anda akan sampai pada sebuah kesimpulan “Saya harus mulai mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO)”, karena menurut saya inilah ilmu dasar yang harus dipelajari seorang blogger pemula.
  •  Ingatlah bahwa konten yang berkualitas adalah “raja”. Pengunjung tidak akan datang 2 kali untuk mengunjungi blog anda yang full colour dan “heboh” jika artikel yang anda tampilkan tidak bermutu.

3.       Pemilihan template yang salah.
Terus terang saya sangat perhatian dengan hal yang satu ini. Saking perhatiannya, saya pernah menuliskan email untuk seorang newbie asal Aceh hanya sekedar untuk meminta dia segera mengganti template blog yang saat itu digunakannya. Menurut saya si newbie tadi salah memilih template karena tidak sesuai dengan tema blognya. Jadi jangan asal milih template hanya dengan alasan template tersebut bagus saja, tapi template tersebut juga harus sesuai dengan tema blog yang kita bawakan. Misalnya kalau topik konten blog kita adalah seputar info atau gossip selebritis, berarti kita harus memilih template dengan tema berita (news) atau magazine (majalah).

4.       Blogger newbie mimpi dapat duit banyak.
Pernahkah anda menemui blog yang di penuhi iklan ? Pemandangan yang sering sekali saya temukan saat blogwalking. Percuma saja kita memenuhi halaman blog kita dengan iklan adsense, iklan banner de-el-el kalau toh pada kenyataannya tidak ada satu orang pun yang mengklik iklan tersebut karena blog kita sendiri sepi pengunjung hi hi. Bahkan saya pernah menjumpai blog newbie dengan alexa rank 23 jutaan yang full iklan, wow kereeen. Jadi jangan terburu-buru melakukan monetize blog. Lakukanlah segala sesuatunya step by step, tahap demi tahap. Capailah tujuan yang menjadi skala prioritas lebih dulu seperti bagaimana caranya mendatangkan pengunjung yang banyak. Barulah setelah tujuan pertama tercapai kita memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan atau duit dari ngeblog dan seterusnya.

5.       Kecenderungan newbie untuk menjadi seorang plagiator.
Saya pernah mendapati beberapa newbie mengcopy secara utuh artikel yang pernah saya tulis. Dalam pikirannya mungkin kalau dia memuat artikel serupa di blognya, maka pengunjung juga akan datang untuk membaca artikel yang “dibajak” tadi. Sayang si newbie tadi tidak paham bahwa apa yang dia lakukannya itu salah dan ternyata nama blognya pun tidak muncul dalam hasil pencarian Google untuk artikel dengan kata kunci yang sama. Saran saya, jadilah karakter diri anda sendiri. Tulislah artikel dengan gaya “penyajian” anda sendiri. Sehingga nantinya kita menjadi orang yang memiliki gaya menulis yang khas serta “menu” yang khas pula.

Untuk sementara ini mungkin 5 kesalahan umum blogger pemula inilah yang dapat saya simpulkan paling sering dilakukan oleh para newbie. Saya pun bukan seorang blogger yang sempurna dan juga tak luput dari melakukan kesalahan. So, marilah kita bersama belajar menjadi seorang blogger yang baik sehingga apa yang kita berikan untuk orang lain, nantinya dapat dirasakan manfaatnya.


29 komentar untuk "Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)"

  1. Sore Gan... :D
    gmana tanggapan Agan menurut blog saya...?? Templatenya, kontennya? semua dink..
    kasih saran donk....
    :)
    saya baru pasang iklan tuh, stelah baca artikel ini, kekna harus kburu dihapus ne... :D

    BalasHapus
  2. sangat membatu.....buat saya yang sangat baru di dunia blog...kapan-kapan mampir kalo ada waktu ke blog saya untuk cek kesalahannya...terimakasih
    cari-lovinzsky.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Salute Buat Bro Rayhanz,

    POsting iNi biSa mEnjAdi peDOman buat para BlOgger yg Baru menginjakkan Kaki di duNia bLoggiNg,
    kAdang aQu juga KeseL kLo aDa bLog yg Loadnya beRat, jadi MaLes buka , Langsung aQu tutuP aja ,,,

    nice sHare dach poKokNya ..!

    BalasHapus
  4. salam kenal.. blog ini membantu bgt bagi pemula kek sy ini.. terima kasih atas share ilmunya.. sy tunggu kunjungannya di blog sy ;)

    BalasHapus
  5. @cari-lovinsky
    @anonymous
    @covalimawati

    Terimakasih untuk tanggapan kalian dan blog kalian bertiga sudah saya kunjungi hari ini :D Buat covalimawati..saya suka template wordpress diary kamu..awesome blog ! ;;)

    BalasHapus
  6. i like this, saya sangat setuju, ga cuma disini saya mendapatkan artikel tentang blogger pemula disini, tp di blog di mana aja. ini sangat berguna bagi saya yang masih pemula, mohon bimbingannya sob..

    BalasHapus
  7. @Arel
    Sori telat balasnya nih, soalnya komen kamu disangka spam sama blogger he he. Sudah 2x nyoba ke blog kamu tp ngga bisa, mungkin lagi masalah di server hosting ya ? Besok deh coba berkunjung ke blog Arel lagi. Btw masalah iklan tidak ada yang ngelarang kok, semua keputusan msg2 aja.

    BalasHapus
  8. aaww..aw.. senang sekali dibilang awesome..hihi.. Makasih dah nengokin blogku.. Tapi tolongin dong gmn mbalikin follownya.. katrok nih..mohon bantuannya.. :)

    BalasHapus
  9. blog ini benar2 banyak menginspirasi newbie sprti saya, makasih banyak buat sharingnya mas.

    oya, sedikit kbr mas, setelah saya ksh 1000 backlink kemarin, kemudian saya tes pakai kata kunci CARA AMPUH DI APPROVE, lgsg nangkring di halaman paling atas pencarian google mas (cara ampuh agar di approve oleh google adsense), makasih buat tipsnya, blog ini aku bookmark.

    coba sampean tes dari sini kira2 gimana menurut sampean

    BalasHapus
  10. @Warkop Aremania
    Keren..its cool man ! artikel anda sudah masuk halaman 1 Google yang artinya membuka peluang untuk mendapatkan visitor2 baru. Tapi jgn kebanyakan muji mas..ane hampir kesandung nih gara2 pujian ente..he he :))
    Good job bro !

    BalasHapus
  11. menarik sekali artikel ini. semoga sukses selalu ya... :D

    BalasHapus
  12. dulu pas awal2 ngeblog suka copast tulisan orang *jadi tersinggung* yaa diedit2 dikit lah walopun dikasih link sourcenye heuheu.soalnya bingung blognya mo diisi apaan. tapi sekarang udah engga dong yee.
    kalo saya mah bukan blogger yang mata duitan :D.
    kalo masalah template blog saya sesuai engga yah?*mikir*.
    dari dulu ampe sekarang blog saya kaga punya tema yang jelas *ngenes*

    nb: dari dulu pengen komen di postingan ini tapi baru kesampean sekarang oom -__-

    BalasHapus
  13. yaah lupa kaga pake opsi name/url hehe :D *peace om*

    BalasHapus
  14. saya newbi, visit n give me your comment please. thanks

    BalasHapus
  15. siiip gan... sebenarnya postingan dalam sehari min da max berapa gan?????

    salam

    http://gubukpantun.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. @Adi
    Undangannya sudah saya penuhi dan sudah nyumbang komen juga ;)

    @Kiky
    Tidak ada aturan baku untuk masalah posting ! Dulu waktu awal2 ngeblog saya cuma menuliskan 2 posting dalam 1 minggu, yang jangan sampai 1 bulan blognya tidak diupdate. Takutnya mbah Google jadi malas berkunjung, karena pada saat dikunjungi tidak ada "hidangan2" baru. Saya juga sudah mampir ke gubug pantunnya Kiky..bagus juga ;):D

    BalasHapus
  17. Thank info nya sob, memberi wawasan tambahan pengetahuan saya..
    Sukses sllu

    BalasHapus
  18. makasih sob.. sangat membantu untuk blogger pemula kaya saya ini :)

    BalasHapus
  19. @Asli Urang Banua
    Urang banjar lah..ketahuanku nah ! =))

    @cangkal
    makasih juga atas kunjungannya di blog sederhana ini.

    BalasHapus
  20. ah mas ini bisa aja saya jadi malu

    BalasHapus
  21. Hahaha,,, bujur banar dangsanak ai,, urang banua jua,hulu sungai iya nya,,, mantap postingan nya dangsanak ai..

    sukses lah.. !!

    BalasHapus
  22. awlanya emank seperti di atas, tapi lama-kelamaan niat itu hilang, asik ngeblog untuk ekspresi diri

    BalasHapus
  23. kejadian yg dijelaskan pada posting diatas memang pernah aku alami bro..maklum saja newbie dengan sejuta impian..hehehe

    BalasHapus
  24. info yang membuka mata hati gan

    BalasHapus
  25. saya juga newbie niiy.. mohon saran dan masukannya yaa... ^o^

    BalasHapus
  26. Pas Mantab... say setuju dengan postingan mas irfan... coz dulu saya memang sering melakukan beberapa kesalahan di atas (sekarang sudah mulai sadar.. xixixixiiixx). kelihatan memang sepele, namun akibatnya sangat fatal sekali bagi karier kita di dunia bloger...
    Maju terus mas irfan... God Luck

    BalasHapus
  27. http://gudang-fakta.blogspot.com/2012/01/fakta-tentang-kesalahan-blogger-pemula.html

    Sudah saya cantumkan sumbernya dan sedikit editan. thanks. Salam blogger

    BalasHapus
  28. Terima kasih mas,, kesalahan2 blogger pemula akan coba saya hindari biar bisa menjadi blogger yang baik seperti anda
    Salam sukses

    BalasHapus