Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menempatkan Keyword Pada Artikel


Cara Menempatkan Keyword Pada Artikel – Bagaimana kita meletakkan kata kunci atau keyword yang baik dan benar dalam sebuah artikel/posting memang hal yang rada-rada sulit untuk dijabarkan. Tapi saya coba aja deh menyampaikan tips cara menempatkan keyword yang baik dan benar ini dengan gaya saya, moga-moga gampang dipahaminya dan artikel ini mungkin beda-beda tipis dengan artikel cara nembak keyword yang juga banyak bertebaran. Keyword atau kata kunci merupakan inti dari sebuah konten yang kita buat dan terjemahan sederhana versi saya adalah: “keyword bisa jadi merupakan sebagian atau seluruhnya dari judul artikel yang kita buat”. Keyword yang panjang (baca: judul artikel yang panjang) biasa disebut juga dengan istilah longtail keyword, sengaja dibuat panjang oleh si penulisnya dengan tujuan untuk memperbesar peluang judul tersebut muncul dalam hasil pencarian search engine atau SERP dan mampu bersaing dengan blog lain dengan judul (keyword) serupa yang peringkatnya lebih tinggi. Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana dan dimanakah kita harus meletakkan deretan kata kunci/keyword tersebut didalam artikel/postingan ?

Sebelum menjawab pertanyaan tadi mungkin perlu juga saya sampaikan bahwa secara umum kata kunci terbagi menjadi 2 yaitu keyword abadi dan keyword musiman. Keyword abadi maksudnya adalah kata kunci yang akan selalu digunakan orang saat membuat sebuah artikel, dan topik ini merupakan topik yang ngga ada basinya karena selalu dicari orang lain tanpa mengingat batasan waktu. Contohnya adalah: Daftar Blog Dofollow , Backlink Gratis, Cara Membuat Blog, dll. Sedangkan keyword musiman adalah keyword/kata kunci yang digunakan pada momen atau waktu-waktu tertentu saja sesuai dengan bentuk kejadiannya. Misalnya aja nih, menjelang lebaran biasanya akan banyak sekali orang yang mencari referensi ucapan Selamat Idul Fitri untuk dikirimkan pada pacar, sahabat atau keluarga. Nah akhirnya muncullah kata kunci yang diwujudkan dalam bentuk judul sebuah artikel misalnya SMS Ucapan Selamat Idul Fitri. Banyak lagi contoh kata kunci yang dibuat berdasarkan momen atau kejadian pada saat itu, misalnya Foto Hot Syahrini Telanjang yang pernah bikin heboh itu tuh…!

Kembali ke laptop, sekarang mari kita jawab pertanyaan kunci tentang bagaimana dan dimana sebaiknya kita menempatkan kata kunci dalam sebuah artikel. Menurut referensi dari beberapa artikel yang pernah saya baca, posisi terbaik untuk meletakkan keyword adalah:

·         Pada paragraf pertama artikel (please always remember this !)
Saat menuliskan paragraf pertama artikel ini, sambil nulis saya juga sambil membayangkan bahwa saya adalah orang yang ingin mencari artikel dengan topik seputar masalah keyword. Sehingga kata-kata atau kalimat apa saja yang mungkin akan saya ketikkan di bar pencarian Google, maka pada paragraf pertama artikel ini saya tandai kata-kata atau kalimat tadi dengan tulisan cetak tebal (bold), underline, tulisan miring atau tulisan yang diberi warna lain. Tulisan yang ditandai (marked) seperti ini akan di indeks lebih dulu oleh search engine. Sekarang sudah paham toh maksudnya kenapa di paragraf pertama saya banyak tulisan yang dicetak tebal he he he.

·         Letakkan keyword dalam judul artikel
Menggunakan kata tambahan atau penghubung pada keyword juga penting. Misalnya pada artikel saya Daftar Blog 2011 (Update Mei), kata kunci yang dibidik adalah Daftar Blog Dofollow. Sedangkan kata 2011 dan Update Mei hanya sebagai tambahan saja yang mempersempit ruang pencarian kata kunci tersebut berdasarkan waktu. Sangat disarankan pada anda untuk tidak mengulang/menempatkan judul artikel secara utuh berkali-kali dalam artikel yang dibuat karena mbah Google akan menganggap tindakan anda adalah tindakan SPAM. Dan dalam istilah SEO tindakan mengulang-ulang keyword/judul seperti ini disebut juga keyword stuffing atau keyword yang “diisikan” berulang-ulang. Kalo sobat mau lebih jelas lagi, googling sendiri aja deh he he.

·         Rangkailah keyword-keyword anda menjadi untaian kalimat yang natural (baca: nyambung) sehingga tidak terkesan memaksakan dan buatlah juga link tautan antar artikel. Tingkat kerapatan atau kepadatan dari keyword (keyword density) yang dianjurkan oleh beberapa master SEO sekitar 2-5%. Cara menghitungnya adalah dengan membagi jumlah keyword yang kita buat dengan jumlah kata dalam artikel. Jika kesulitan atau masih bingung, cobalah cari tools Keyword Density di google.

·         Sebelum menetapkan keyword atau judul postingan, cobalah cari dulu keyword atau judul tadi lebih dulu di Google untuk mengetahui berapa banyak dan siapa saja saingan anda. Dari 1-10 hasil pencarian Google tsb. cobalah intip kata kunci apa saja sebenarnya yang mereka gunakan dan dimana mereka meletakkannya. Kesimpulannya: “Sebelum berperang  tidak ada salahnya kalau anda harus mengukur kekuatan lawan dan mengukur kemampuan (baca: peluang) anda sendiri untuk menghadapinya”. Dan kalau strategi anda tepat, maka artikel anda bisa dipastikan akan mampu menembus halaman 1 hasil pencarian Google, inilah yang dimaui oleh semua orang.

·        Setelah semua teori diatas kita laksanakan, berarti kita juga sudah menerapkan SEO on page pada postingan. Langkah berikutnya tinggal melakukan SEO off page yaitu backlink yang mengarah langsung pada link artikel yang kita buat. Strategi ini sudah saya contohkan pada artikel 1000 Backlink Supaya Menang Kontes SEO dan anda juga bisa mendapatkan backlink dengan cara natural yaitu berkomentar di blog dofollow dengan mengisikan link posting anda pada opsi Name/URL pada saat berkomentar.

Mungkin ini saja beberapa hal penting yang ingin saya share tentang cara meletakkan keyword yang baik dan benar dalam artikel. Semoga artikel super puanjang saya yang ke sekian ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan kita bersama. Happy nice blogging !

52 komentar untuk "Cara Menempatkan Keyword Pada Artikel"

  1. makasih mass,,,jadi kepengin nih buat artikel lai,,hehe

    BalasHapus
  2. @Belajar All
    Makasih juga Diana.., blog kamu bagus juga ya :D

    BalasHapus
  3. mantap juga nie gan sangat bagus dan sangat menarik nie.....

    BalasHapus
  4. wah ga terlalu ngerti saya..blog saya malah ga ditaruh keyword..asal tulis jadi aja..

    BalasHapus
  5. ijin bookmark dulu gan, siapa tw dikemudian hari kelupaan gt. good info gan.........

    BalasHapus
  6. @zona aneh
    silahkan sobat, artikel ini memang untuk berbagi dengan sobat semua koq ! Trims kunjungannya ya ;))

    BalasHapus
  7. mantap mas,,,
    templatenya pasaran nih,,,ups keceplosan,,hehe..mampir ye,,,

    BalasHapus
  8. Perlu susah untuk meraih hasil maksimal...
    coba dlu ya Gan..makasih informasinya

    BalasHapus
  9. makasih mas atas infonya...

    mampir juga ya di blog saya:
    http://A-vlava.blogspot.com

    BalasHapus
  10. makasih infonya mas..
    intinya agar cepat ke indeks ya kan mas,, hehe
    http://waloetzgoblogg.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Artikel mantap-mantap gan ~_~ mengedukasi semua ~_~

    BalasHapus
  12. Info yang bagus...enak banget dibacanya.

    BalasHapus
  13. Nduk..nduk..sampean memang ahlinya,,mbah ga ragu buat sundul,nih..
    Titip cucu http://www.bisniscaribisnis.blogspot.com

    BalasHapus
  14. om tukar link dengan blog saya ya http://http://rizkicheather.blogspot.com/ ntar blog om aku masukin blog saya

    BalasHapus
  15. Makasih gan, artikel2 di blog anda sangat bermanfaat bagi blogger newbie seperti saya ini

    BalasHapus
  16. makasih infonya kawan..
    tapi saya masih blind nih soal SEO ... :)

    BalasHapus
  17. mantap bro artikelnya, nambah ilmu neh, ntar aku coba praktekin, makasih ya...

    BalasHapus
  18. wah jadi mulai ngerti nih brow.. langsung praktek :D makasih ya :)

    BalasHapus
  19. artikelnya bermafaat banget.salam kenal

    BalasHapus
  20. mkasih gan, tersesat dsini langsung dpet ilmu....

    BalasHapus
  21. mantap mas, gokil gokil ...

    BalasHapus
  22. setuju dengan cara anda,dengan memberi marked serp artikel kita lebih bgus di mata search engine

    BalasHapus
  23. siip,ini juga berlaku buar web penjualan kan mas..??
    thank's inponya...

    BalasHapus
  24. terima kasih mas sharingnya, saya jadi ngerti gimana cara buat longtail keyword, thanks

    BalasHapus
  25. thx sharingnya, smoga bermanfaat untuk mencari uang receh di dumay..

    BalasHapus
  26. Thank's atas share ilmunya... pingin nih belajar agar punya web di deretan atas search engine...

    BalasHapus
  27. terima kasih mas buat infonya,saya baru buat blog, berkat artikel di atas saya jd tambah pintar hehehe...

    BalasHapus
  28. Keren informasinya, terimakasih atas informasinya, langsung saya coba deh hhe...

    BalasHapus
  29. mantap,,>>>>>>> http://bisnismudah3.blogspot.com/2012/01/bisnis-buat-mahasiswa-pelajar.html

    BalasHapus
  30. terima kasih informasinya gan...

    BalasHapus
  31. oh begitu ya caranya nuhun ah infonya

    BalasHapus
  32. Sangat bermanfaat artikel yang anda tulis mengenai keyword saya sangat senang berada di blog anda. terima kasih.

    BalasHapus
  33. Terima kasih informasi menarinya

    BalasHapus
  34. wah thank bgt gan..... masih nuwbi ni masih harus banyak belajar ama master2 ni....

    BalasHapus
  35. Saya coba di http://sovenirbambu.blogspot.com/2012/07/pulsa-elektrik-murah-semarang.html dan mantap, dalam waktu kurang dari 5 menit masuk di halaman ke 2??padahal persaingan ketat.

    BalasHapus
  36. Makasih gan atas saranya,
    jadi betah baca artikel agan karena di selingi sama bercanda, jadinya gak bosenin...
    hehehe
    sekali lagi makasih gan

    BalasHapus
  37. wah bagus tuh..gue bnyk bljar dr sini bang..thankz bgt y...:)
    mampir balik y gan.. Www.tipstrik-terbaru.blogspot.com blog q msh newbie bgt, tl0ng d ksih kritik dan saran..terima kasih . .
    Www.tipstrik-terbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  38. wah bagus tuh..gue bnyk bljar dr sini bang..thankz bgt y...:)
    mampir balik y gan.. Www.tipstrik-terbaru.blogspot.com blog q msh newbie bgt, tl0ng d ksih kritik dan saran..terima kasih . .
    Www.tipstrik-terbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  39. makasih sangat bermanfaat, tapi caranya ribet banget. info wisata aceh http://acehtourismagency.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. tutorial yang sangat bermanfaat sekali bagi saya... terim kasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  41. infonya bagussss,,, harus banyak belajar ini dari blog mas irfan...

    BalasHapus
  42. thanks gan infonya, mw nanya ni gan klo mw top 10 selain nulis kata kunci diartikel, settingnya dmn lagi ya

    BalasHapus
  43. Akan saya coba terapkan pada toko online saya.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  44. oooooh gitu ya caranya...wah saya baru paham pak Bos,jadi tambah ilmu nih... mohon dimaklumi saya newbe dan otodidak pak Bos. trim infonya ya. kapan2 kunjungi blog saya http://kioshukumonline.blogspot.com

    BalasHapus
  45. makasih atas pembelajarannya mas,,saya merasa terbantu jadinya,,

    BalasHapus
  46. artikelnya bagus... sangat membantu

    BalasHapus