Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Istilah Blogger Yang Wajib Dibaca


Kamus Istilah Blogger Indonesia  - Ternyata setelah melihat kamus ini, banyak sekali istilah-istilah pada blogger/blogspot yang belum kita ketahui termasuk juga saya. Kadang saat kita berkunjung ke blog lain mungkin menemukan singkatan atau istilah yang sebenarnya sudah umum diucapkan oleh banyak orang tapi kita sendiri belum tahu arti atau pengertian dari istilah blogger tersebut. Misalnya saja pengertian tentang “Nofollow”, masih banyak juga yang menanyakan ini ke saya. Nah dengan adanya kamus istilah pada blogger ini sobat bisa baca-baca sendiri untuk sedikit menambah wawasan mengenai dunia blogging dan biar ngga dibilang “wong katrok” sama Mr.Tukul he he. Kamus istilah yang sering digunakan dalam blogging ini dikemas dalam bentuk file PDF (Ebook), dibuat oleh Mbak Medhy Aginta (http://www.Blogguebo.com). Silahkan langsung sobat download melalui link yang saya berikan.



Kamus Istilah Blogger

Inilah beberapa kutipan yang saya ambil dari Kamus Istilah Blogger :

Anchor Text: Teks yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

Backlink: Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink penting karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

Blogroll: Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.

Comment Spam: Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.

Meta tags: Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

Nofollow: Juga disebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang disisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan, dan karenanya tidak menganggapnya sebagai link yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikan agar semua link berbayar menggunakan tag nofollow.


PageRank: Juga sering disebut Google PageRank, adalah sebuah sistem metrik yang digunakan oleh Google untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs. Google PageRank memiliki nilai skala dari 0 hingga 10, dimana 10 adalah nilai tingkat kepercayaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan. Terdapat algoritme yang rumit dibalik skala PageRank, namun faktor terpenting yang mempengaruhinya adalah jumlah dan kualitas backlink sebuah situs atau blog. Nilai PageRank (yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar) di-update setiap setiap tiga bulan sekali.


Mudah-mudahan Kamus Istilah Blogger ini bisa memberikan pencerahan buat sobat blogger sahabat setia “Share With Irfan”. Khususnya buat sobat blogger yang masih newbie yang biasanya selalu ingin tahu he he. Keep Blogging ya..!


19 komentar untuk "Kamus Istilah Blogger Yang Wajib Dibaca"

  1. *uhuk* saya keselek baca ini : "biar ngga dibilang “wong katrok” sama Mr.Tukul"

    bagus om postingannya :)

    BalasHapus
  2. @beby
    :))...:)) kata Mr.Tukul gitu sih, kalo kita ngga ngerti apa-apa dibilangnya wong katrok :)) Thanks ya beb, moga posting ini bisa menjawab pertanyaan kamu mengenai Nofollow kemarin :-*

    BalasHapus
  3. klo istilah cendol dalam blogger apa gan??? wkkwkwkkwkw.............

    salam

    http://gubukpantun.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. makasih atas ilmunya..
    lumayan buat gua yang newbie...

    BalasHapus
  5. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,

    BalasHapus
  6. saya newbie. saya tidak mengejar uang (mungkin belum aja sich). saya cuma ingin Blog saya berada di nomor 1 page 1. walaupun dengan tema yang jelas minim pencarian orang. saya juga ingin masuk adsense (hanya masuk aja, belum ada tujuan cari duit)...intinya kedua hal tersebut (di page 1 dan masuk adsense)sangat sulit. tapi saya suka tantangannya...tapi gak tau caranya...masih asal, mohon pencerahannya...thanks

    boleh nitip kan ???

    BalasHapus
  7. @she
    Keinginan sobat juga menjadi keinginan banyak blogger lainnya..;) Saya mencoba menjawab keinginan anda melalui artikel Menjadi No 1 di Search Engine Selamat mencoba ya..:D

    BalasHapus
  8. hehehhehe.. mau nyaingin kamusnya Deby Sahertian ya?! :) hehehehe

    BalasHapus
  9. Infonya Keren Bang admin ..

    ane juga baru tau tuh.. ternyata KAMUS ISTILAH Blogger ada yah !! ane isi sedot yah !!

    MAAF MASIH NEWBIE BANG

    BalasHapus
  10. thanks yua...ilmunya bermanfaat banget.....
    oya aku mau tanya aku dah punya menu about me, tapi gimana cara editnya / ngisinya???
    trima kasih.....

    BalasHapus
  11. Waah... berguna untuk saya yg masih pemula :)
    Makasih bang Irfan bahdim :)

    BalasHapus
  12. infonya keren makasi atas infonya,.. jadi nambah ilmu ni,.!!

    BalasHapus
  13. terimakasih atas info nya..
    sangat berguna sekali untuk saya..
    karena saya newbie..

    BalasHapus
  14. artikel yang bagus nih...
    para newbie pasti senang kalo tau info ini...

    BalasHapus
  15. baru tau nih kalo ternyata ada kamus istilah bloger......
    dengan begini saya bisa jadi bloger yang hebat...
    thanks yah...

    BalasHapus
  16. para newbie harus tau nih istilah-istilah dasar ini..
    biar nanti bisa jadi bloger yang cerdas.

    BalasHapus
  17. makasih gan atas infonya,... ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  18. sangat membantu sekali om
    tengkyu

    BalasHapus