Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Google Sitelink

CaraMendapatkan Google Sitelink – Google Sitelink adalah link-link tautan dinamis dari sebuah situs web atau blog dimana sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya tanpa harus masuk lebih dulu ke halaman homepage. Tidak mudah untuk mendapatkan sitelink dan tidak semua blog mendapatkan sitelink dari Google, karena hanya blog atau website tertentu yang menduduki peringkat pertama halaman 1 Google untuk sebuah pencarian kata kunci saja yang biasanya mendapatkan sitelink. Struktur dari google sitelink biasanya ditunjukkan dengan hasil pencarian kata kunci (search result) yang sudah pasti berada di posisi pertama, kemudian dibawahnya terdapat barisan link yang menjorok kedalam ( 2 kolom dan 3 baris ). Nah link-link tautan itulah yang disebut dengan sitelink. Untuk lebih memahami tentang struktur Google Sitelink ini anda dapat melihat dari gambar dibawah ini yang merupakan hasil dari pencarian kata kunci (keyword) ShareWith Irfan.


Mengapa memiliki sitelink dianggap penting ? Algoritma google hanya memilih situs web/blog yang dianggap mapan serta memiliki sumber informasi terpercaya dan diverifikasi saja untuk mendapatkan sitelink. Asumsi  adilnya adalah jika website atau blog anda telah mendapatkan sitelink berarti  website/blog anda terpercaya di mata Google. Google hanya akan menampilkan sitelinks di hasil pencarian apabila Google menemukannya sebagai navigasi yg bermanfaat bagi user. Jika struktur suatu situs tidak sesuai dengan algoritma Google dalam proses pencarian/crawl sitelinks website yg sesuai kriteria, dan atau jika Google tidak melihat adanya relevansi di dalam sitelinks dengan hasil pencarian, maka Google tidak akan menampilkannya. Dengan kata lain, semua website sebenarnya memiliki sitelinks, karena tentunya masing-masing memiliki navigasi di dalamnya, akan tetapi, jika sitelinks tersebut, dalam kata lain, susah untuk ditemukan, digenerasikan, serta tidak ada nilai penting di mata Google, maka sitelinks tersebut tidak akan dimunculkan di hasil pencarian. Berikut pernyataan mbah Google yang menegaskan mengenai sitelink :

 We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (Google Webmaster Supports).
Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian jika kami pikir mereka (tautan situs) akan berguna bagi para pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami pikir bahwa tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan query pengguna, maka kami tidak akan menampilkannya.


Bagaimana cara mendapatkan Sitelink ?

1.       Memperkuat kata kunci (keyword)
Umumnya sebuah situs web/blog mendapatkan sitelink berdasarkan kata kunci yang menurut Google merupakan identitas unik yang melekat dari sebuah blog. Kata kunci tersebut bisa saja title/judul dari blog seperti blog saya Share With Irfan ini, dan bisa juga dari URL blog atau deskripsi blog anda. Jadi tinggal pilih kata kunci dibagian mana yang ingin anda perkuat dan anda populerkan untuk menjadi ciri khas (brand)  blog anda.

2.       Struktur menu navigasi yang baik
Gunakanlah menu navigasi yang terstruktur dengan baik serta dapat dibaca dengan baik pula oleh spider Google. Hindari penggunaan navigasi yang banyak mengandung javascript.

3.     Anchor teks pada link internal
Penting sekali bagi kita untuk membuat internal link antar artikel dengan menggunakan anchor teks serta penggunaan atribut Alt pada gambar/image. Dengan adanya internal link maka secara keseluruhan blog akan terindeks dengan baik oleh search engine serta memudahkan mbah Google dalam pencarian kata kunci.

4.      Konten yang bermanfaat
Pada kalimat pertama pernyataan mbah Google diatas sudah jelas dikatakan bahwa: We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user”. Artinya bahwa konten yang kita buat harus benar-benar berguna bagi orang lain serta berkualitas. Konten seperti ini biasanya akan mendapatkan posisi bagus di search engine dan mendatangkan trafik organik yang melimpah, sehingga membuka peluang blog kita untuk mendapatkan sitelink. Jadi tingkatkanlah kualitas konten blog anda, hindari membuat artikel copas secara utuh.

5.      Optimasi SEO blog
Untuk yang ini saya tidak perlu lagi menuliskan panjang lebar, karena saya sudah pernah menuliskan tentang ini dalam artikel Optimasi SEO Apa Mengapa dan Bagaimana. Jika sobat ingin mendalami lebih jauh silahkan baca kembali artikel tersebut. Saya hanya ingin menggaris bawahi sekali betapa penting juga bagi kita untuk bisa memahami sekaligus mempraktekkan apa yang disebut dengan optimasi seo off page dan on page.


Nah sahabat blogger mungkin itu saja sedikit ulasan saya mengenai Cara Mendapatkan Google Sitelink. Selain akan meningkatkan trafik, Google sitelink juga menunjukkan adanya otoritas website/blog kita di mata search engine dan pengunjung. Keep on blogging..!!

Referensi :
http://www.click-finders.com/blog/how-to-get-google-sitelinks-on-your-serp-listing/
http://khamardos.blogspot.com/2011/08/tips-cara-mendapatkan-sitelink-google.html
http://rina-as.blogspot.com/2011/09/bagaimana-cara-mendapatkan-sitelink.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/google-sitelinks-apa-cara-mendapatkan.html

73 komentar untuk "Cara Mendapatkan Google Sitelink"

  1. terima kasih atas infonya gan...
    maaf tadinya saya ingin bertukaran link dan mengonfirmasinya di halaman "contact", akan tetapi agak susah skali memperbaiki kode capta'x. (slalu eror)
    maka dari itu saya ingin mengkonfirmasi bahwa link'x dah saya pasang di blog saya. mohon di review dan konfirmasinya
    salam bogger
    by
    http://m2pcweb.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Wah keren nih sob artikelnya, jadi tau deh ane sekarang caranya ngedapetin sitelink, biar blog ane gak cupu2 bgt ! hehe :D

    BalasHapus
  3. betul tu mas ariel.,.
    dan blog ane udh dapat sitelink juga,,,

    BalasHapus
  4. gan... banner ato link gambuses kok belum muncul?

    BalasHapus
  5. boleh dicoba nih.. saya juga masih belajar gan :) thankyou for sharing :)

    BalasHapus
  6. makasih bang, jadi tambah ilmu and jelas berguna bagi newbie spt saya..

    BalasHapus
  7. kalo navigasi pake javascript emang pengaruhnya buruk ya? :( newbie nih

    BalasHapus
  8. Cool Useful Tips For A Nice Read. thanks

    BalasHapus
  9. dengan sitelink blog kita jadi lebih mantap, nice tips mas

    BalasHapus
  10. Terima kasih buat informasi yang satu ini :)

    Semoga artikelnya bermanfaat bagi blogger lainnya.

    BalasHapus
  11. bner banget soobb... sayang blog ane masih belum dapet... pie ane tetep semangat biar google memberikan yang terbaik... thanks dah di share ^_^

    BalasHapus
  12. yg saya bingung , pr say gk naik2 :(

    BalasHapus
  13. akhirnya ane ketemu juga artikel ini. nice info gan! :)
    http://adizsalsabila.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Asslm, lam kenal sebelumnya buat yg punya blog. Artikel2 sharing dan trik2 nya mantaf2 ya, apalagi buat saya yg baru belajar.. Semoga yg punya blog ini selalu diberkahi Allah.. Aamiin..

    BalasHapus
  15. saya sudah membaca beberapa artikel mengenai seo optimize dan itu sangat berguna sekali..maksih dapet lagi info baru dari agan.. semoga sukses gan

    BalasHapus
  16. tau cara mengatur apa yg musti muncul di sitelink?

    BalasHapus
  17. semakin semangat saja untuk mencari ilmu memperbaiki kekurangan dalam hal SEO, thanks gan sdh berbagi ilmu

    BalasHapus
  18. Makasih sob atas info ini and sekedar informasi, sekiranya masih bisa tukar link, silakan di cek bannernya saya sdh pasang di blogq serta saya sdh join juga this site. Saya tunggu kunjungan balik untuk link back dan join back juga.... :)

    BalasHapus
  19. iya nih....sy kok belum dapat2....apa ada masalah dengan blogku....tolong berkunjung dong....

    BalasHapus
  20. @cara bisnis sampingan
    Sabar aja sob saya punya keyakinan kuat koq kalo blog inabuy ;).com suatu saat pasti juga mendapatkan sitelink dari Google. Saya sudah beberapa kali tuh mampir di inabuy.com cuman sayang karena ngga ada guestbook jadi ngga bisa ninggalin jejak sob.. ~x(

    BalasHapus
  21. Kakak... Saya udah dapat sitelink tapi yang dijaiin sitelink ma google malah diluar perkiraan. gmana nih cara ngehapusnya...
    mohon bantuaannya kak

    BalasHapus
  22. Gan thanks buat infonya.....
    blog yang bagus unutk di kunjungi, dan blog Agan menjadi panduan dalam saya membuat blog.TRIMS
    salam kenal dari saya....
    Gan jangan lupa follow balik ya....

    BalasHapus
  23. akan saya coba tipsnya mas, makasih banyak ya, saya juga pingin nih dapet sitelink dari google

    BalasHapus
  24. terima kasih sob atas informasinya yang sangat bermanfaat dan mudah dipahami, and visit me back

    BalasHapus
  25. permisi saya mau tanya, maklum masih newbie,
    pada opsi penjelasan nomor 3 anda, "penggunaan atribut Alt pada gambar/image", itu seperti gmn gan?
    saya belum paham, maklum newbie, sebelumnya terima kasih, salam kenal.

    BalasHapus
  26. Terimakasih gan atas informasinya, link agan udah saya pasang di blog ane , http://terselundup95.blogspot.com/, Tolong Link Balik Yah , Thx

    BalasHapus
  27. @Pramuka Smanab
    Mhn karena anda tidak menyebutkan web anda mendapatkan sitelink dengan kata kunci apa sehingga saya tidak bisa ngecek langsung. Untuk menghapus link sitelink dapat dilakukan melalui Google Webmaster Tools, coba aja.

    @flathonix
    Atribut "alt" membuat Anda dapat menetapkan teks alternatif untuk gambar jika browser tidak dapat menampilkannya dengan alasan tertentu misalnya koneksi internet yang lelet atau terputus. Dengan memberikan atribut "alt" membuat gambar tersebut dapat "dibaca/diindeks" oleh Google. Contohnya dapat dilihat pada script banner saya di halaman Link Sobat.

    BalasHapus
  28. thanx banget infonya gan,.. sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  29. Kayaknya semua cara diatas sudah kulakukan tapi belum dapet2 juga hehe

    BalasHapus
  30. Sekiranya masih bisa tukar link, silakan di cek bannernya saya sdh pasang di blogq serta saya sdh join juga this site. Saya tunggu kunjungan balik untuk link back dan join back juga...

    BalasHapus
  31. Untuk hasil penelusuran ini: http://www.file-edu.com/ ini di isi apa ya mas????
    Demosikan URL tautan situs : ini juga di isi apa ya mas?

    saya dapat message suruh ngisi itu tapi binggung

    BalasHapus
  32. waduh,.. kapan yah blogku dapat sitelink dari google. soalnya kayaknya bagus tuch kalo dapat sitelink dari google.. makasih tipsnya ya sob...

    BalasHapus
  33. site link /.memiliki sitelink memang hal yang perlu / seharusnya dianggap penting untuk kita usahakan...

    BalasHapus
  34. wah menurutku sih susah soalnya mau dapet pengunjung 100 perhari aja dah ngosngosan wkwkwk tapi tetep semangat aja deh ,nice posting sob

    BalasHapus
  35. maksih banyak atas penjelasannya....
    semoga artikel ini bermanfaat juga bwt yang lainnya....

    BalasHapus
  36. trima kasih atas penjelasan artikelnya,, artikel ini bermanfaat semoga dpt rank t'tinggi, by: http://mikosatria.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  37. thanks infonya gan,,
    harus usaha keras agar dpt posisi teratas.*slogan seo*

    BalasHapus
  38. thnks info nya,,semoga bia bermanfaat buat ane

    BalasHapus
  39. makasih infonya, sya bru tau pa yg dmksd sitelink

    BalasHapus
  40. kira2 blog ane seo on pagenya dh bener pa blom gan??

    BalasHapus
  41. oh begitu ternyata triknya, mohon ijin nyoba ya pak

    BalasHapus
  42. sangat bermanfaat sekali tutorialnya kak...
    mulai sekarang akan ku perbaiki blog saya biar mendapat sitelink dari mesin pencari
    makasih infonya kak
    salam kenal ya

    BalasHapus
  43. super gan tutorialnya ,, terimakasih banyak ,, saya baru tau ternyanya mendapatkan google sitelink tidak mudah ,,musti perlu banyak usaha yang banyak,,

    BalasHapus
  44. emmmm bermanfat sekali infonya gan, buat ane yg baru belajar tentang blog


    kalu sempat kunjung bali yaa blog ane,,,,,,

    BalasHapus
  45. Nah ane Praktekan dlu nah mdhan Brhasil ....

    BalasHapus
  46. thanks for ur education,semoga tuhan membalasnya

    BalasHapus
  47. makasih gan udah mau berbagi ilmunya.
    ini bisa menjadi motivasi saya untuk mendapatkan site link dari kang google.
    nice

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah mas, blog saya iseng2 saya check di mbah google..eh ternyata sudah muncul sitelink nya...kaget juga sih hehehe..artikelnya sangat membantu mas..:D

    BalasHapus
  49. wah...memang sulit mas utk mendapatkan sitelink dari mbah gugel...blog saya yang ini belum memperoleh sitelink :( tapi tetap semangat :D

    BalasHapus
  50. membaca informasi diatas memberikan gambaran kalau dalam mengelola sebuag blog tidaklah boleh acak-acakan,jangan berhenti untuk informasinya,semoga diberi rezky dan rahmat yang baik,..

    BalasHapus
  51. wah blog aku belum punya site link berarti belom terpercaya oleh google neh,, he,,he,, maklum traffic masih rendah, btw thanks ilmunya mantap neh buat usaha untuk mendapatkan site link google!

    BalasHapus
  52. mantabs. saya akan coba ini demi site link :P

    BalasHapus
  53. wah wah petuntuk yang sangat mantab gan....

    BalasHapus
  54. Kira-Kira usia blog juga mempengaruhi gk ya dapat Sitelink? denger2 sih harus lebih dari satu tahun...
    ane udah ngelakuin semua cara diatas sih, mudah2 an nanti bisa dapat juga sitelink blog ane.

    BalasHapus
  55. alhamdulillah bang, usia blog ane baru 1 bulan udah dapet sitelink nih. makin semangat deh nge blog klo kaya gni :D

    BalasHapus
  56. Wah Manfaaat sekali sob ilmunya.. Sitelink memang bener2 menjadi dambaan semua pemilik web/blog agar lebih terpandang dan terkesan
    terutama pada pengunjung. Tp mendapat sitelink dari google sangat bermacam2 tidak mudah juga tidak terlalu sulit. ada yang web/blog
    sudah berumur cukup tp blm juga mendapat sitelink dari google, ada yang baru beberapa bulan sudah mendapat sitelink.. Kalau blh tau
    dan berbagi pengalaman pada umur berapa web/blog mendapatkan sitelink dari google paling cepat.. Gitu aja makasih atas tutorialnya.


    SALAM <- FAEDAH JAYA ->








    ***

    BalasHapus
  57. artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


    #Salam Sehat Selalu

    oh iya sob, jangan lupa follow balik ya :)

    BalasHapus
  58. Pantas saja saya sempat bingung saat pertama kali melihat sitelinks, ternyata itu ya kegunaannya.. Terima kasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  59. Manfaat sekali sob artikelnya.. Untuk mendapatkan Sitelink memang benar-benar bekerja keras dan fokus.
    Juga sering berbagi ilmu dan pengalaman pada yang sudah ahli dalam dunia seo, dan para master blog/web.
    Munkin dari keterangan diatas dapat ditambahkan daftar Blog/web
    ke webmaster tools Seperti simbah GOOGLE dan kawan2nya.. dan rajin posting.. hehehe.. :)
    Gitu aja sob makasih banyak ilmunya..



    SALAM : <- FAEDAH JAYA ->

    BalasHapus
  60. Semoga setelah membaca artikel ini blog saya bisa mendapat google sitelink... thanks gan :)

    BalasHapus
  61. kalo sitelink yg suka timbul tenggelam gmana tuhh

    BalasHapus
  62. perjalanan saya masih jauh menuju google sitelink....

    BalasHapus
  63. Om tanya ya, ini kan yang buat di taut situs webmaster kan om? berapa banyak maksimal taut situs yang bagus dan saya mau tanya lagi diwebmaster google kan ada "tautan ke situs anda", nah itu juga berapa jumlahnya yang optimal om? terima kasih ya sebelumnya, mohon dimaklum, he he aku neo banget alias masih nora nih om.

    BalasHapus
  64. Ijin mencoba yg agan pake ^^ hehe

    BalasHapus
  65. artikel yang sangat bermanfaat gan,,oke saya akam terapkan semoga aza bisa gan

    BalasHapus